Kebijakan Mutu

Kebijakan Mutu

Manajemen Mutu

Manajemen Mutu adalah tindakan mengawasi semua kegiatan dan tugas-tugas yang diperlukan untuk mempertahankan tingkat mutu yang diinginkan termasuk penentuan kebijakan mutu, menciptakan dan menerapkan perencanaan mutu dan jaminan, dan kontrol kualitas dan peningkatan kualitas. Hal ini juga disebut sebagai Total Quality Management (TQM).
Manajemen Mutu merupakan filosofi bisnis bahwa keberhasilan jangka panjang suatu perusahaan berasal dari kepuasan pelanggan. Mensyaratkan bahwa semua pemangku kepentingan dalam bisnis bekerjasama untuk meningkatkan proses, produk, layanan dan budaya perusahaan itu sendiri.

3 Komponen Utama Manajemen Mutu:

  1. Pengendalian Mutu
  2. Jaminan Mutu
  3. Perbaikan mutu
Kebijakan Mutu

Kebijakan Mutu adalah sebuah dokumen pernyataan formal dari Manajemen Puncak sebuah perusahaan mengenai komitmennya mengelola mutu produk dan layanan. Kebijakan Mutu belum sesuai dengan Sasaran Mutu. Dalam standar ISO 9001:2015 dinyatakan bahwa kebijakan mutu menyediakan kerangka untuk menetapkan sasaran mutu. Kebijakan Mutu merupakan salah satu dokumen yang wajib dimiliki oleh setiap perusahaan atau organisasi yang menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008.

Kebijakan Mutu Perusahaan CELEBESSI

Kebijakan Mutu Perusahaan CELEBESSI telah menetapkan Sasaran Mutu dan Kebijakan Mutu yang akan terus menerus dievaluasi dan dikembangkan secara berkelanjutan. Kebijakan Mutu Perusahaan CELEBESSI adalah kebijakan resmi dan tertulis dari pimpinan puncak perusahaan tentang komitmen perusahaan dalam memperhatikan dan mempertimbangkan aspek-aspek mutu dalam aktifitas keseharian organisasi dan/atau perusahaan yang mampu menghasilkan
produk yang berkualitas dan berstandar mutu nasional dan internasional.
CELEBESSI sebagai perusahaan di bidang Industri Pengolahan dan Permurnian Mineral Logam Nikel serta Produk Pertambangan akan menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008. Kebijakan Mutu konsisten dengan kebijakan menyeluruh organisasi dan menyediakan kerangka kerja bagi penetapan Sasaran Mutu. Prinsip Manajemen Mutu yang disajikan dalam standar Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 menjadi dasar bagi penetapan kebijakan mutu perusahaan.

Tujuan dari Kebijakan Mutu

Kebijakan mutu organisasi atau perusahaan merupakan bentuk komitmen perusahaan kepada para pelanggannya.

  • Komitmen terhadap kualitas produk;
  • Komitmen terhadap perbaikan dan inovasi berkesinambungan;
  • Komitmen terhadap sasaran mutu;
  • Komitmen terhadap kepatuhan standar dan peraturan yang berlaku.

Sebuah kebijakan mutu harus mencakup komitmen yang jelas untuk kepuasan pelanggan dan perbaikan secara terus-menerus. Kebijakan mutu organisasi atau perusahaan harus memiliki pernyataan yang jelas dan harus dipahami oleh staf organisasi atau perusahaan. Kebijakan mutu organisasi harus menyediakan kerangka kerja untuk menetapkan dan meninjau sasaran mutu organisasi atau perusahaan. Sebuah kebijakan mutu adalah dokumen singkat yang diterbitkan oleh manajemen eksekutif sebuah organisasi yang menetapkan kualitas produk apa yang berarti bagi perusahaan dan pelanggan atau pembeli. Kebijakan Mutu Perusahaan CELEBESSI akan diterbitkan untuk semua karyawan dan dipublikasikan agar dapat diakses oleh investor, pelanggan, pemasok, dan regulator.

Sasaran Mutu dan Kebijakan Mutu Perusahaan CELEBESSI

Sasaran Mutu Perusahaan:
a) Tingkat kelulusan satu lulus inspeksi produk adalah 95%;
b) Tingkat kepuasan pelanggan adalah diatas 90%.
Kebijakan Mutu Perusahaan:

  1. CELEBESSI bertekad untuk menghasilkan produk yang dirancang dan diproduksi dengan cermat sesuai dengan spesifikasi pasar.
    CELEBESSI akan konsisten menyediakan produk dan layanan yang dapat memenuhi dan/atau melebihi kebutuhan dan harapan dari pelanggan atau pembeli kami. Kami akan secara aktif meningkatkan kualitas melalui program yang memungkinkan setiap karyawan untuk melakukan pekerjaan mereka dengan benar sesuai dengan standar produksi dan sasaran mutu yang ditetapkan perusahaan.
  2. CELEBESSI berkomitmen untuk menghasilkan produk yang dihasilkan dan diproduksi sesuai dengan sasaran mutu dan standar produk global. Komitmen untuk bekerja menuju nol cacat dalam produk dan akurasi di luar cacat nol seperti deskripsi produk yang akurat dengan prinsip kejujuran dan kelurusan. Perusahaan akan menguji setiap item produk sebelum keluar dari pintu. Sistem manajemen mutu kami dirancang untuk menjamin pemeliharaan kualitas produk melalui evaluasi, inspeksi dan verifikasi proses pada semua tahapan produksi.
  3. CELEBESSI bertekad untuk melakukan perbaikan dan inovasi secara terus-menerus, dan penggunaan sumber daya yang efektif.
    Bahwa kami berupaya dengan keras untuk selalu melakukan perbaikan yang berkesinambungan. Kami akan laksanakan tanpa henti terus-menerus agar bisa mengurangi kekurangan yang terjadi dan mengoptimalisasi sumberdaya kami agar dapat mencapai
    efisiensi, efektivitas, dan produktivitas sehingga kualitas layanan dan produk kami dapat memuaskan pelanggan atau pembeli. Prinsip perbaikan dan inovasi akan terus ditingkatkan dari waktu ke waktu.
  4. CELEBESSI berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan pelanggan lebih baik dan kepuasan maksimum atas kebutuhan pelanggan atau pembeli.
    CELEBESSI akan memberikan layanan yang bijaksana. Bahwa seluruh layanan kami ditujukan untuk sepenuh-penuhnya bagi kepuasan pelanggan atau pembeli. Selalu berupaya untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya dari pelanggan atau pembeli terkait kualitas pelayanan dan menjadikannya sebagai masukan untuk perbaikan dan peningkatan layanan di masa depan.
  5. CELEBESSI berkomitmen untuk menjalankan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 secara efektif dan berkesinambungan melalui perbaikan berkelanjutan dan pelatihan karyawan. Perusahaan memastikan kesesuaian penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 melalui peninjauan dan evaluasi secara berkala yang akan dilakukan oleh Komite Audit Perusahaan.
  6. CELEBESSI akan konsisten terhadap kepatuhan standar, peraturan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dengan menghasilkan dan memproduksi produk yang aman, layanan yang bijaksana dan memuaskan pelanggan, dan operasi yang bertanggung jawab terhadap lingkungan, bekerja menuju zero waste dan berkomitmen untuk memiliki dampak positif pada lingkungan, komunitas dan masyarakat sekitar di tempat perusahaan beroperasi.
Content Protective
Scroll to Top