Kebijakan Keberlanjutan

Keberlanjutan

  • Praktik Tambang Berkelanjutan dan Pertambangan Masa Depan
  • Pentingnya Pengelolaan Tambang yang Berkesinambungan

Sustainability bagi Celebessi merupakan suatu kondisi dimana perusahaan memiliki tanggungjawab terhadap masalah lingkungan di wilayah operasi dengan menggabungkan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam keputusan bisnis, memproduksi ataupun memasok produk yang ramah lingkungan, dan mempunyai komitmen yang kuat untuk mempertahankan prinsip-prinsip lingkungan dalam menjalankan bisnis yang baik.

Upaya Celebessi mewujudkan praktik tambang berkelanjutan adalah dengan menerapkan praktik penambangan yang baik (good mining practice) dengan memperhatikan beberapa aspek dibawah ini :

Aspek Lingkungan
  • Memanfaatkan energi terbarukan seperti pemanfaatan lumut (Algae) sebagai energi listrik, bekerjasama dengan investor penyedia teknologi Biomass.
  • Mengelola lahan pasca-tambang dengan melakukan rehabilitasi dan reklamasi lahan bekas tambang.
  • Mengelola limbah tambang dengan membangun kolam pengendapan dan fasilitas instalasi pengolahan air limbah (IPAL) terpusat.
  • Meminimalisir emisi gas dan mendukung terwujudnya green mining dan green environment.
  • Mewujudkan pertambangan masa depan dengan menggunakan teknologi yang mengadopsi pemanfaatan Sumber Daya Alam menjadi bernilai tinggi dan ramah lingkungan.
  • Menjaga keanekaragaman hayati yang ada di wilayah operasi dengan memaksimalkan budidaya kelautan, pertanian, perkebunan dan kehutanan yang menjadi andalan produk wilayah setempat.
Aspek Sosial
  • Mengimplementasikan program-program CSR perusahaan dan program sosial dengan mensinergiskan program pemerintah setempat.
  • Melibatkan peran masyarakat dalam menjalankan program sosial yang tepat guna dan bermanfaat dengan memperhatikan potensi Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam di sekitar wilayah operasi.
  • Meningkatkan partisipasi dan membangun kesadaran (mind-set) masyarakat sebagai bagian dari stakeholder dalam menjaga lingkungan dan melestarikan alam.
  • Upaya lainnya antara lain dengan menjalankan program CSR perusahaan yang berbasis pada rencana jangka pendek dan jangka panjang perusahaan.
  • Melibatkan pemasok lokal dalam negeri dengan menerapkan kebijakan pengadaan komponen barang dan jasa bermuatan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) diatas 60% pada aspek Supply Chain Management di semua lini unit bisnis Celebessi.
  • Berkolaborasi dengan institusi pendidikan (Universitas dan Sekolah Tinggi) sebagai tempat riset dan penelitan serta pelatihan yang dapat menghasilkan output riset agar dapat dipraktikan secara langsung oleh pelaku dunia usaha.
Aspek Kearifan Lokal
  • Menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan kearifan lokal di wilayah setempat dalam kehidupan dan aktifitas sehari-hari.
  • Mengedepankan budaya lokal sebagai bagian dari program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.
    Melestarikan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal di wilayah operasi agar dapat dihayati dan menjadi warisan budaya bagi generasi yang akan datang.

Lebih lanjut, Celebessi menerapkan sustainable development yang merupakan suatu konsep bertujuan untuk menciptakan keseimbangan antara masalah ekonomi, sosial, dan lingkungan di wilayah operasi. Sustainable development menjunjung tinggi prinsip memenuhi kebutuhan pada saat ini tanpa mengorbankan untuk pemenuhan kebutuhan generasi di masa depan. Penerapan konsep sustainability development sangat penting bagi Celebessi untuk diterapkan dalam aktifitas kehidupan sehari-hari.

Untuk hal tersebut diatas, Celebessi akan menerapkannya dalam bentuk Sustainability Report yang akan dilaporkan secara periodik kepada para pemangku kepentingan terkait yang merupakan laporan keberlanjutan yang bersifat non-finansial yang dapat dipakai sebagai acuan oleh perusahaan untuk melihat pelaporan dari dimensi sosial, ekonomi dan lingkungan. Sustainability Report sebagai bukti bahwa adanya komitmen dari Celebessi terhadap lingkungan sosialnya yang dapat dinilai hasilnya oleh para pihak yang membutuhkan informasi tersebut. Selain itu Sustainability Report (SR) juga merupakan salah satu instrumen yang dapat digunakan oleh para pemangku kepentingan sebagai informasi pertanggungjawaban Celebessi dalam menerapkan pembangunan berkelanjutan.

Content Protective
Scroll to Top