PT CMU menjadi mitra riset dan penelitian Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta dan menuju Tata Kelola Perusahaan yang Baik

Jakarta, 3 Desember 2019.

 PT Celebessi Metalindo Utama (PT CMU) telah menjadi mitra riset dan penelitian dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Esa Unggul Jakarta dengan tema “Implementasi Intellectual Capital (Modal Intelektual) untuk meningkatkan keunggulan kompetitif (competitive advantage) dan nilai perusahaan (value of the firm)” dengan pendanaan dari Kemenristek DIKTI (Kemendikbud RI) Tahun Anggaran 2019/2020.

Hasil dari penelitian ini telah dapat diimplementasikan di perusahaan PT CMU dalam bentuk pelatihan kepada karyawan PT Celebessi Metalindo Utama dalam meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang administrasi dan manajemen. Penelitian ini dilakukan dan memberikan output berupa sistem pelaporan yang lebih transparan dan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) yang meliputi TARIF  (Transparant, Accountable, Responsibility, Independent and Fairness) sehingga perusahaan nantinya dapat memberikan dan menyajikan informasi dan sistem pelaporan keuangan dan keberlanjutan (sustainability) yang transparan, akuntabilitas, bertanggungjawab, independen dan kewajaran.

Penyerahan Hasil Output Penelitian dimaksudkan untuk memenuhi kewajiban pelaporan Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi Tahun Pelaksanaan 2019 Tahun ke 1 dari 2 tahun dengan judul “Model Intellectual Capital untuk Meningkatkan Competitive Advantage dan Nilai Perusahaan di Indonesia”, penelitian yang didanai oleh Kemenristek Dikti Tahun Anggaran 2019 di lingkungan Universitas Esa Unggul Jakarta. Penyerahan hasil output penelitian berupa Berita Acara Serah Terima Output Penelitian berlangsung pada tanggal 3 Desember 2019 di Jakarta berupa buku Panduan dan Pedoman.

Produk hasil output penelitian tersebut selanjutnya akan diimplementasikan oleh perusahaan untuk tujuan peningkatan kualitas sumber daya manusia dan sistem pelaporan keuangan perusahaan dan pelaporan keberlanjutan (sustainability report) perusahaan khususnya terkait dengan pengungkapan modal intelektual yang dimiliki oleh perusahaan untuk meningkatkan nilai perusahaan.

Hasil penelitian ini kedepannya diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi stakeholder dalam menjalankan proses bisnis bagi perusahaan, para mitra pemasok dan para pemangku kepentingan serta lingkungan wilayah kerja operasi PT CMU. Dengan demikian manfaat dari implementasi hasil output penelitian ini berupa “Pedoman Pengembangan Knowledge Management dan Pengungkapan Intellectual Capital untuk meningkatkan Competitive Advantage” dapat dijadikan sebagai pedoman dan arahan PT CMU menuju kepada Tata Kelola Perusahaan yang baik. Hasil Output Penelitian ini juga telah dipatenkan di Kemenkumham RI Cq. Dirjen HAKI.

Kedepannya, PT CMU akan menjadi pusat riset dan penelitian bagi pengembangan Sumber Daya Manusia dan akan bekerjasama dengan Universitas dan Perguruan Tinggi Swasta dan Negeri di Indonesia. Universitas Esa Unggul Jakarta merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta berakreditasi “A” yang berada di Jakarta yang sudah melakukan kerjasama kegiatan riset dan penelitian di bidang manajemen dan pengembangan Sumber Daya Manusia dengan PT CMU.

Hasil riset dan penelitian ini sangat penting terutama bagi dunia usaha termasuk PT CMU. Sinergitas antara pelaku dunia usaha dengan institusi pendidikan tinggi merupakan aset nasional yang sangat menentukan bagi kemajuan bangsa. Apalagi jika di antara keduanya terdapat semacam simbiosis mutualisme (kerjasama yang saling menguntungkan) atau kemitraan. Bagaimanapun, sebuah perguruan tinggi dengan berbagai perlengkapannya dapat menunjang perkembangan dunia usaha. Sebaliknya, dunia usaha pun dapat menopang kemajuan sebuah perguruan tinggi berdasarkan hasil output riset dan penelitian yang dapat di aplikasikan secara langsung dalam menjalankan proses bisnisnya dan dapat dirasakan manfaatnya bagi stakeholder.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Content Protective
Scroll to Top